Cara Mengakses Berkas File Web dengan FTP di Android

Cara Mengakses Berkas File Web dengan FTP di Android



Ketika web kita sudah online, dan tiba-tiba file configurasi hilang atau erorr kita harus secepat mungkin memperbaikinya. Mengakses berkas website biasanya menggunakan laptop, dan koneksi internet yang stabil. Adakalanya kita tidak bisa mengakses berkas website kita untuk memperbaiki file yang error. Bagi pengguna blogspot untuk websitenya mungkin tidak akan terpengaruh apa-apa. Akan tetapi ini Menjadi masalah besar bagi pengguna wordpress ataupun developer website berbasis hosting.


Perlu di ketahui FTP(File Transfer Protocol) adalah protocol tertentu yang mengijinkan akses berkas didalam server. Di buat untuk membuat sambungan ke dalam server tertentu dengan komputer atau client. Dasarnya adalah semua file di internet tersimpan di server hosting, untuk bisa upload maupun download file harus menggunakan FTP.

Cara mengakses File Web Menggunakan Turbo FTP Client


Turbo FTP adalah aplikasi FTP android dari VLAD Mihalachi developer. Mengususng UI yang sederhana dan mudah digunakan, kita bisa melihat langsung file di local maupun file di server. Pertama kali anda harus mendownload aplikasi ini di playstore.


Pertama kali buka aplikasi ini kita disuguhkan tampilan grey black, Ketuk icon burger untuk membuka pengaturan. Ketuk Create a new accout dn pilih FTP bagi kalian yang menggunakan FTP atau bisa juga menggunakan SFTP kalau kalian menggunakan koneksi SFTP.

 SFTP sendiri adalah kepnjangan dari Secure File Transfer Protocol, fungsinya sama dengan FTP akan tetapi lebih aman karena koneksi yag digunakan akan terenkripsi. File yang terkirim melalui SFTP akan di enkripsi sampai di server, sehingga lebih aman.

FTP maupun SFTP sama saja, yang membedakan nantinya dalam menggunakan aplikasi android ini adalah host dan port yang digunakan. Pastikan server mendukung jika ingin mengunakan koneksi SFTP. Selanjutnya Kita isi koneksi baru yang dibuat, isi koneksi name sesaui dengan kebutuhan kalian, dan isi username, host, dan password sesuai dengan akun di server kalian. Biarkan Port yang digunakan secara default untuk FTP yaitu 21, dan SFTP 22.

Setelah semua diisi ketuk icon disket di pojok kanan atas, maka otomatis akun akan tersimpan.
Setelah tersimpan, ketuk icon burger dan pilih account yang kalian simpan tadi, dan otomatis akan terkoneksi dan langsung masuk ke server kalian.

Kelebihan


  • Aplikasi FTP android ini usable di semua tempat selama masih ada koneksi internet, kalian bisa menggunakannya tanpa harus bawa laptop.
  • kalian bisa upload dan download file di server kalian dengan menetuk lebih lama file yang ada.
  • UI yang sederhana dan mudah di pahami

kekurangan

  • Untuk fitur basic kita tidak bisa membuka folder server dan local secara bersama-sama.
  • sepertihalnya koneksi FTP, transfer data akan lebih lama dari biasanya, karena file yang dikirim melewati beberapa protocol, tidak seperti upload biasanya.
Tidak semua aplikasi yang ada mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama, akan tetapi lebih mudah menggunakan FTP di Komputer atau Laptop. Seperti aplikasi filezilla yang sudah sering digunakan.




0 Response to "Cara Mengakses Berkas File Web dengan FTP di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel