Fitur Terbaru Android Pie yang Tersembunyi

Fitur Terbaru Android Pie yang Tersembunyi


Fitur Terbaru Android Pie yang Tersembunyi. Android pie adalah sistem operasi besutan google yang terbaru, rilis pada 6 agustus 2018. Masih tergolong baru, banyak fitur tersembunyi yang jarang orang ketahui dari android versi 9 ini. Bagi kalian yang belum tahu kelebihan fitur dari android pie yang ini, simak ulasannya berikut:

1. Tombol Navigasi Yang Hanya Tombol Home



Bagi kalian yang sering menggunakan sistem operasi lama mungkin bakalan sedikit beradaptasi dengan fitur terbaru ini. Pasalnya google telah menghilangkan tombol home dan menggatinya dengan ikon strip (-). Google merubah tombol navigasi di android 9 ini dengan memanfaatkan gesture. Jika mengusap dari atas ke bawah untuk melakukan multitasking. Jika mengusap agak lama dari atas kebawah maka akan membuka recent app atau bisa dengan menekan ikon strip agak lama. Untuk memilih aplikasi tingga mengetuk aplikasi yang di pakai, sedangkan untuk kembali ke menu home cukup mengetuk tombol strip. Sebenarnya tombol back tidak benar-benar hilang, tapi akan menghilang jika tidak digunakan.

2. Mode Kunci Pengamanan



Mode ini digunakan untuk menambah extra keamanan ponsel android anda, fitur ini bisa di aktifkan di menu Setting-Security-lock screen preference. Fitur tersembunyi bisa langsung di aktifkan lewat tombol power untuk langsung mengunci layar smartphone anda dan menyembunyikan semua aktifitas smartphone, mematikan sidik jari dan pemindaian.


3. Dashboard android atau Digital Welldbeing


Fitur ini tidak bisa didapatkan secara default di android pie, akan tetapi bisa di dapatkan jika kita ikut dalam program beta android pie, dan harus menggunakan google Pixel. Mungkin kedepannya fitur ini bisa diaktifkan secara default seperti hanlnya fitur Splitscreen di android marshmallow. Fitur ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi pamakaian smartphone oleh pengguna. Di dalamnya terdapat fitur "App timer" untuk membatasi pemakaian aplikasi, juga ada "Do Not Disturb" dan juga "Wind Down" yang berfungsi merubah tampilan layar menjadi hitam putih.

4. Fitur Screenshot yang Diperbarui


Fitur screenshot umumnya hanya mengambil tangkapan layar saja dan menyimpannya di galeri. Di android pie fitur ini mendapatkan tambahan fungsi, yang bisa menangkap dan mengedit hasil screenshot langsung di fitur ini. Walau pun ditambahkan fitur baru, tapi cara screenshot dengan tombol power masih bisa digunakan.

5. Dark Mode


Di android pie kita dimudahkan untuk mengatur kecerahan layar, ketika malam hari kita bisa menggunakan dark mode agar layar tidak terlalu terang. Selain mengatur kecerahan layar juga dapat menghemat batrei, khususnya yang berlayar amoled.


6. Simulsi Poni


Sebagian besar smarphone saat ini menggunakan layar yang bazzeless, hingga mengakibatkan banyak vendor menyematkan poni di atas layar. Android pie sudah menyediakan fitur khusus untuk pengguna layar poni, dan bisa di aktifkan lewat Setting-Developer Mode-Simulate a display with a cutout

7. Smart Replay Notifications


Fitur tersembunyi android pie ini memudahkan kita untuk langsung membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Tinggal menggulirkan layar dari atas, kita bisa langsung membalas pesan yang ada.

8. Kunci Rotasi


Di android oreo kita menngunakan menu navigasi atas untuk mengaktifkan rotasi. Sedangkan di android pie fungsi rotasi bisa langsung otomatis, dan kita dapat mengunci rotasi layar lewat icon di pojok kanan atas. tau bawah tergantung rotasi.

9. AI Adaptive Battrey


Fitur terbaru Selanjutnya di android pie, google menyematkan AI untuk mengatur penggunaan batrei. Aplikasi yang sering digunakan akan mendapatkan prioritas batrei. Aplikasi yang tidak digunakan akan di hentikan dayanya. fitur ini juga dapat mengefisiensi penggunaan batrei agar lebih awet.

10. Menghentikan Pemberitahuan Sistem UI



Fitur terbaru android pie ini memungkinkan kita untuk mematikan pemberitahuan yang mengganggu. Pemberitahuan seperti batrei, aplikasi, dan notifikasi dapat di hentikan sementara. Cara mengaktifkan fitur ini dengan membuka Setting->Cari system UI->Pilih aplikasinya->Matikan pemberitahuan

11. Multiwindow di Satu Tempat



Fitur multiwindow telah ada di android versi marshmallow, walupun masih sangat beta. Di android pie fitur ini dipindah ke dalam apliaksi terbaru. Membuka aplikasi baru dapat langsung memunculkan popup untuk multiwindow.

12. Mute Dalam Satu Tombol


Fitur Tersembunyi lainnya di android pie, anda dapt menekan tombol volume Up dan Down Secara bersama untuk memute sura smartphone anda. Fitur ini untuk mencegah dering saat smartphone digunakan, mirip dengan fitur OnePlus. Fitur ini sayangnya tidak bisa diguakan saat Layar dalam Keadaan Mati.


13. Menonaktifkan Animasi


Fitur tersembunyi ini sebenarnya sudah ada di menu developer option. Fitur ini di android pie langsung terdapat di menu setting, dikarenakan tidak semua perangkat android bebas lag. Fitur ini memungkinkan kita untuk menonaktifkan animasi.

14. Fitur Standby Bucket/ App


Fitur tersembunyi ini dapat mengatur aplikasi yang berjalan di android pie. Fitur ini memilah aplikasi sesuai dengan waktu kegunaan. aplikasi di bagi menjadi 4 kategori Aktif, Set Bekerja, Sering, Langka. Aplikasi yang dikategorikan dapat di optimalkan penggunaan resourcenya, seperti CPU, dan RAM.




0 Response to "Fitur Terbaru Android Pie yang Tersembunyi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel